Sunday, July 14, 2019

Rayakan Hari Kemerdekaan di Surabaya Lewat 4 Museum Ini

Kota Surabaya memang identik dengan Kota Pahlawan. Di sana, berbagai jejak perjuangan arek Suroboyo dalam melawan penjajah terekam di hampir tiap sudut kota. Tanggal 10 November yang bertepatan dengan puncak Pertempuran Surabaya pun ditetapkan sebagai Hari Pahlawan karena besarnya peran warga Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan.
Untuk kamu yang ingin memaknai hari kemerdekaan yang jatuh tiap tanggal 17 Agustus dengan cara berbeda, tidak ada salahnya mengunjungi Surabaya dan menyambangi berbagai museum yang memiliki catatan sejarah di masa lalu. Banyak maskapai yang menawarkan tiket pesawat ke Surabaya dengan harga terjangkau sehingga kamu nggak perlu menguras isi dompet demi lakukan perjalanan penuh makna ini. Masih bingung mau berkunjung ke mana? Daftar singkat beberapa museum di Surabaya ini bisa jadi rujukan.


Daftar Museum di Surabaya



1. Museum 10 November
Dibangun tepat berhadapan dengan Tugu Pahlawan, Museum 10 November ini berada di Jl. Pahlawan, Krembangan, Surabaya. Museum ini terbilang unik dari segi desain karena terletak di lantai bawah tanah sehingga hanya bagian atapnya yang berbentuk segitiga saja yang terlihat dari luar. Di dalam Museum 10 November, kamu bakal menemukan patung pejuang dan diorama perjuangan arek Suroboyo yang bertempur habis-habisan di perang terberat dalam sejarah Indonesia ini. Tidak hanya itu, di sini kamu juga bisa mendengarkan orasi dari Bung Tomo, pahlawan revolusi Indonesia yang paling dihormati saat pertempuran Surabaya.

2. Museum Surabaya SIOLA
Bangunan yang awalnya bernama Gedung Siola ini berlokasi di Jln. Tunjungan No.1, Surabaya. Sempat beberapa kali dibuat menjadi pusat perbelanjaan pasca kemerdekaan, gedung ini akhirnya diambil alih oleh pemerintah di tahun 2015 dan dialihfungsikan menjadi Museum Surabaya dan kantor Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA). Di dalam museum ini, kamu bisa menemukan banyak sekali barang peninggalan sejarah yang dikumpulkan dari golongan masyarakat di seluruh Surabaya. Mulai dari piano kuno milik Gombloh (penyanyi lagu terkenal “Lestari Alamku, Kebyar-Kebyar”), replika biola milik W.R. Supratman, hingga catatan data kelahiran dan kematian warga Surabaya tahun 1800-an yang ditulis tangan.


3. Museum W.R. Supratman
Inilah rumah yang ditinggali W. R. Supratman, pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Rumah ini sebetulnya milik Rukiyem Supratijah, kakak perempuan dari W.R. Supratman. Sang maestro memutuskan tinggal di rumah ini karena ia menjadi buronan pihak Belanda setelah ketahuan menciptakan lagu kebangsaan. Museum ini masih terbilang baru karena diresmikan dan dibuka untuk umum oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada 10 November 2018.

Begitu datang, kamu akan disambut dengan patung W.R. Supratman yang sedang bermain biola. Tidak hanya itu, lewat kaca jendela besar, terlihat setelan jas putih lengkap dengan dasi dan peci hitam milik sang maestro yang dipajang rapi. Di dalam museum ini, kamu nantinya bakal menemukan banyak foto perjalanan hidup W.R. Supratman serta berbagai lagu ciptaannya yang selama ini jarang diketahui masyarakat. Pihak keluarga juga kabarnya akan mulai menyeleksi berbagai arsip untuk nantinya dipamerkan di sini.

4. Gedung Internatio
Kejadian penembakan antara rakyat Surabaya dengan sekutu di tanggal 30 Oktober 1945, yang akhirnya menewaskan Jenderal AWS. Mallaby dan mencetuskan Pertempuran Surabaya, terjadi di depan gedung ini. Gedung besar yang bangunannya memenuhi blok di jalan Krembangan Selatan ini awalnya adalah tempat pengelolaan perdagangan di zaman Belanda. Tidak hanya itu, saat pasukan sekutu Inggris mulai datang, gedung ini dijadikan sebagai markas utama.
Kini, gedung Internatio tetap dipertahankan dalam bentuk aslinya dan dapat dikunjungi sebagai tempat napak tilas memperingati perjuangan para pahlawan revolusi. Kamu bisa berkeliling dan memotret gedung ini dari berbagai sudut.


Masih banyak bangunan penting dan bersejarah lainnya yang dapat kamu kunjungi di Surabaya. Dengan mengunjungi dan mempelajari segala yang dipamerkan, kamu sudah ikut andil dalam melestarikan bagian dari sejarah bangsa ini. Jadi, jangan ragu untuk jalan-jalan, ya!

Rayakan Hari Kemerdekaan di Surabaya Lewat 4 Museum Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: xapiqul

0 comments:

Post a Comment